Tuesday, December 25, 2012

2LC : Sarikaya Kayumanis


Saat liburan panjang aku mencoba membuat Sarikaya seperti yang biasa mama aku buat, tapi kali aku coba tambahin kayumanis, biar ada aroma khasnya. karena aku mau ikutan tantangan dari 2 Little Chefettes untuk pertama kalinya..


Tantangan kali ini adalah mengenai kayu manis, seperti yang ada diblognya 2LC, bisa diklik disini




Resep ini pun akhirnya aku dapatkan dari tante ku, karena mama aku tidak pernah menuliskan resepnya. Sarikaya ini termasuk makanan favorit keluarga aku dan merupakan resep turun temurun dikeluarga mama. so, check it out.. :)



Berikut Resepnya :

Sarikaya Kayumanis
Resep by tante lena
modif by miraa

Bahan :

  • 3 butir Telur
  • 60 gr gula pasir
  • 60 gr susu bubuk*
  • 70 gr terigu
  • 50 gr margarin
  • 250 ml air/susu cair
  • 7 sdm susu kental manis putih
  • 2 batang kayu manis
*jika cairan menggunakan susu cair maka tidak perlu ditambahkan susu bubuk

cara buat :
  1. kocok lepas telur dan gula pasir hingga gula pasir larut. sisihkan
  2. campur terigu dan susu bubuk. kemudian masukkan kedalam kocokan telur secara bertahap. aduk rata.
  3. masukkan air/susu cair kedalam adonan tadi, aduk rata. masukkan susu kental manis dan kayu manis, aduk rata.
  4. siapkan dandang dan panaskan. siapkan pinggan kaca tahan panas, olesi margarin dan taburi tepung terigu. Kemudian tuangkan adonan dan masukkan kedalam dandang tadi, kukus selama 15-20 menit. 
  5. setelah matang, tunggu hingga uap panasnya hilang, dinginkan di kulkas. sajikan dalam keadaan dingin :)
selamat mencoba..
mrn

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...